DAERAH

Karang Taruna Adakan Sosialisasi Kewirausahaan dan Ekonomi Produktif Se-Kecamatan Pangalengan.

IndoglobeNews Kabupaten Bandung,-
Karang Taruna Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung adakan acara sosialisasi dan Kewirausahaan dalam penguatan usaha ekonomi dilaksanakan di Balai Kecamatan Pangalengan, Jum’at 3 Desember 2021. Kegiatan diikuti oleh Karang Taruna Kecamatan, dan pengurus Karang Taruna Desa Se-Kecamatan Pangalengan dengan Tema : Sosialisasi Kewirausahaan Bagi Karang Taruna dalam Penguatan usaha ekonomi produktif menuju Bandung BEDAS ( Bangkit,Edukatif,Dinamis,Agamis,Sejahtera ). Meskipun masih masa pandemi Covid-19 tetap mematuhi protokol kesehatan 3 M ( Mencuci tangan,Memakai Masker,Menjaga Jarak )
Kegiatan tersebut di buka oleh Camat Pangalengan Drs.Eef Syarif Hidayatulloh M.si Alhamdulillah kita bisa bertemu dalam keadaan sehat wal’afiat
pada kesempatan ini sebagai mana kita ketahui bahwa memang pandemi belum usai mudah-mudahan segera usai tapi kegiatan dan aktifitas ini harus tetap berjalan dan terlaksana sebentar lagi ada himbauan akan diadakan PPKM 3 yaitu menjelang Natal dan tahun baru, yang di khawatirkan terjadi peningkatan terpapar virus covid 19 pada masa liburan itu, Dimana Wilayah kecamatan Pangalengan merupakan tujuan wisata outdor alami dimasa liburan panjang. Sehingga menjadi alternatif bagi orang-orang yang merasa jenuh dengan aktifitasnya dikota besar seperti dari jakarta, maka daerah Pangalengan menjadi tujuan wisata , Sehmgga sangat sulit bagi kita untuk melakukan penyisiran, penyekatan ,Himbauan bahkan cara yang lainya namun tidak menampik terjadinya kontra diktif antara masyarakat dengan pelaku usaha dan bahkan dengan pengunjung wisata, Namun disisi lain sosialisasi serta efektifitas Karang Taruna beserta masyarakat tetap harus dimaksimalkan dalam mengantisipasi warga dan pengunjung menjaga kesehatan sehingga kegiatan usaha dapat berjalan normal karena memang sejak merebaknya covid 19 sejak maret 2020 lalu sekarang ini pemerintah dan masyarakat harus memulai dan melakukanya dari dua sisi dimana kesehatan tetap harus menjadi hal yang utama tapi daya beli dan ekonomi juga tidak terpuruk maka dari itu wilayah Pangalengan menjadi alternatif ketika PPKM di perketat kemudian juga akan diberlakukan, karena memang memiliki daya tarik tersendiri, seiring dengan kondisi diatas kali ini pelaksanaan kegiatan kewirausahaan dan sosialisasi sebetulnya memang sudah agak lama direncanakan tapi kita harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di masa pandemi jadi baru bisa dilaksanakan saat ini kenapa kegiatan ini harus diawali dengan sosialisasi, sebagaimana kita ketahui para pemuda yang menjadi tulang punggung disetiap wilayah sebagai penggerak, sebagai generasi, dan mempunyai semangat yang tinggi maka tidak hanya Berorganisasi tapi output – inputnya juga bermanfaat untuk masyarakat dan diri sendiri untuk mendapatkan sebuah pengetahuan tetapi juga tugas dan fungsinya bahwa Karang Taruna sebagai organisasi sosial ,yang merupakan wadah pengembangan yang akhir pada intinya untuk meningkatkan kesejahteraan bukan hanya untuk dirinya ,para pemuda dan masyarakat maka dari itu sangat di bolehkan dan diharuskan memiliki jiwa kewirausahaan harus terus digulirkan dan ditanamkan untuk bagaimana caranya kita bisa Berwira usaha dan bisa memiliki.
Baik secara pribadi maupun kelompok kita bisa bayangkan ketika para pemuda baik yang tergabung di Karang Taruna maupun di basic-basic Karang Taruna di wilayah per Rw yang ada di wilayah Pangalengan ini. memiliki semangat jiwa wirausaha yang tinggi itu akan bisa menjadi raja-raja di wilayahnya sendiri dan di lingkungan masyarakatnya itu sendiri Syukur Alhamdulillah sudah banyak Karang Taruna potensi pemuda dari wilayah Pangalengan ini yang berprestasi seperti Taufik Hidayat ,dan yang lainnya .


semoga ini bisa di tularkan dan ditanamkan kepada pemuda yang lainnya agar memiliki sumber daya yang baik dan juga kemampuan berorientasi baik saat ini dan juga kedepan. seperti Visi & Misi Bapak Bupati yang sekarang B.E.D.A.S ( Bangkit,Edukatif,Dinamis,Agamis,Sejahtera ).
tutur Bapak Camat Pangalengan Drs. Eef Syarif Hidayatulloh M.si
Kang Tursiwa sebagai pengurus Karang Taruna Kecamatan Pangalengan menjelaskan , pelatihan diikuti Karang Taruna dari 14 Desa Se-Kecamatan Pangalengan
melalui pelatihan ini diharapkan para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dapat menjadi generasi yang kreatif dan memiliki jiwa wirausaha sehingga mampu mengembangkan potensi yang ada bagi kemajuan pembangunan Desa.
Selain itu, Peserta juga diberi materi oleh Ibu Tia Ketua UKM Kecamatan Pangalengan, tentang UKM penggalian potensi usaha di wilayah Desa Masing-masing ,di Balai Kecamatan Pangalengan, Ibu Tia menjelaskan tentang fungsi, sumber dana, manajemen kegiatan, dan usaha ekonomi produktif. Kegiatan ini diharapkan memotivasi Karang Taruna untuk lebih aktif dan kreatif, .
Kang Ayep juga sebagai , Ketua Karang Taruna Kecamatan Pangalengan menambahkan,
menjelaskan tugas pokok karang taruna bersama Pemerintah dan masyarakat menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda kegiatan ini merupakan tahapan penting dalam membangun jiwa kepemimpinan dalam Berorganisasi. sehingga pengurus Karang Taruna mampu mengubah potensi Desanya menjadi peluang usaha yang produktif.
Usaha ekonomi produktif yang dilaksanakan Karang Taruna akan bersinergi dan menopang usaha kesejahteraan sosial yang merupakan jati diri Karang Taruna. Yaitu mengatasi/memberikan solusi terhadap masalah kesejahteraan sosial, tutupnya.
IndoglobeNews Kab Bandung ( Dhera Restu ).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top