DAERAH

H.Lanosin Hamzah.ST.Mengukuhkan pengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Oku Timur Sumsel Indoglobenews-Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. mengukuhkan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten OKU Timur Periode 2021-2026 dan Rapat Kerja Daerah Dekranasda Kabupaten OKU Timur Tahun 2021 bertempat di Balai Rakyat Setda OKU Timur. Kamis, 09 Desember 2021. Kegiatan ini mengusung tema Bersama Memajukan dan Melestarikan Kerajinan Khas OKU Timur yang Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing Berbasis Kearifan Lokal Menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia.

Adapun susunan pengurus Dekranasda Kabupaten OKU Timur Periode 2021-2026 adalah Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dan Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. sebagai Pembina, Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi, S.Sos. sebagai Penasehat, dr. Sheila Noberta, S.pA., M.Kes. dan Nur Inayah, S.Pd. sebagai Ketua dan Wakil Ketua, H. Amin Zein, SKM., M.M. dan Sri Jumadi sebagai Ketua dan Wakil Ketua Harian, Ir. H. Santio, M.M. dan Suwadi, S.E. sebagai Sekretaris dan Wakil Sekretaris, Agustian Pahrimale, S.H., M.H. dan Diana Vavilia, S.E. sebagai Bendahara dan Wakil Bendahara.

Deskranada adalah mitra kerja pemerintah, maka perlu bersinergi dengan pemerintah dan pihak swasta. Deskranada merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah berupa produk kerajinan lokal yang berbasis kearifan lokal. Kita memiliki aneka ragam adat istiadat serta seni budaya bahasa, bahasa merupakan sumber daya berkembangnya kreativitas.

Hal ini disampaikan Ketua Deskranada OKU Timur dr. Sheila Noberta, S.pA., M.Kes. dalam sambutannya usai pelantikan Pengurus Deskranada OKU Timur Periode 2021-2026.

Sheila melanjutkan, “Kabupaten OKU Timur memiliki potensi kerajinan yang tersebar hampir seluruh wilayah desa, contohnya pengrajin songket dan kain angkinan Desa Gunung Batu dan pengrajin anyaman purun Desa Betung, namun belun tersentuh secara optimal.” Lanjutnya.

Sheila juga menyampaikan bahwa sampai saat ini Kabupaten OKU Timur belum memiliki Anjungan Deskranada di Jakabaring Palembang, dengan itu ia meminta bantuan agar Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk membangun Anjungan guna untuk memperkenalkan Budaya dan Kerajinan OKU Timur lebih luas lagi.

Bak gayung bersambut, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. mengapresiasi keinginan dari Ketua Deskrana yang baru dilantik. Enos sapaan akrabnya menyanggupi dan segera membangun Anjungan di Jakabaring.

“Yang jelas saya berjanji, tahun depan kita bangunkan Anjungan Deskranda di Jakabaring.” Ungkap Enos dalam arahannya.

Enos juga bercerita, “di ruangan saya, saya memandang alangkah bagus bangunan kecil yang sesuai dengan skala pembangunannya didalam sebuah kaca, ada tangga dua, rumah dari kayu. Ternyata setelah saya ketahui bangunan itulah nanti yang akan kita bangun di Jakabaring, sudah sepantasnya kita mengembangkan kerajinan yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan ini.” Ujar Enos.

Enos juga berharap kepada Pengurus Deskranada yang baru dilantik bisa membawa kerajinan dan keterampilan di Kabupaten OKU Timur mampu dikenal masyarakat skala nasional bahkan internasional serta tetap amanah dalam mengemban tugas dan lebih bermanfaat bagi masyarakat OKU Timur seutuhnya.

Diakhir acara Bupati OKU Timur didampingi oleh Pengurus Deskranada yang baru dilantik serta tamu undangan menyempatkan untuk meninjau keterampilan dan kerajinan yang ditampilkan dalam pameran.

Kontributor:Eri Widosen
Enditor:Fike Yolanda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top