Nasional

Berangkat ke Saudi, 11 Anggota Tim Advance Umrah Positif Covid-19

Jakarta-Indoglobe News

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap sebanyak 11 anggota tim advance umroh dari 25 yang berangkat ke Arab Saudi dinyatakan positif Covid-19. Petugas umrah itu tidak memiliki gejala.

“Betul (terpapar covid), ada 11 orang tanpa gejala” Ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Belum disimpulkan apakah petugas umrah itu terpapar varian Omicron atau bukan. Yaqut menyebut, terpaparnya petugas umrah tidak bisa dihindarkan meski sudah menerapkan protokol kesehatan. Resiko terpapar Covid-19 masih ada. Diharapkan kasus ini menjadi pelajaran ke depan.

“Ya kita kan berusaha untuk hati-hati menjaga semua protokol kesehatan, tetapi tetap saja kena. Jadi ini pelajaran untuk kita semua” Ujar politikus PKB ini.

Sejak awal sudah diimbau masyarakat untuk menunda ibadah umrah. Ibadah umrah bukan hal yang wajib.

Kendati, Yaqut tidak melarang jemaah untuk melakukan umarah. Pemerintah tetap memfasilitasi jemaah untuk ibadah umrah dengan menerapkan kebijakan satu pintu. Jemaah harus berangkat dan dan pulang melalui asrama haji.

“Agar jemaah ini berangkat dengan aman, pulang enggak bawa virus. Di sana enggak kena, pergi enggak bawa pulang (virus), supaya tetap aman ibadahnya baik dan lancar” Kata Yaqut.

Kabar 11 tim advance umrah terpapar haji ini juga disoroti Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily dalam rapat bersama Menag.

“Tadi malam kita dapat kabar tim advance travel umrah ternyata ditemukan 11 orang terpapar Covid-19 Omicron. Tentu ini harus jadi perhatian kita semua jangan sampai Arab Saudi jadi tempat selain Turki yang membawa migrasi Omicron terbanyak di Indonesia” Kata Ace.(dd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top